sebutkan dan jelaskan macam macam khiyar – Khiyar adalah istilah yang berasal dari bahasa Arab yang berarti ‘pilihan’. Secara umum, khiyar adalah hak yang dimiliki oleh pembeli untuk memilih atau menolak suatu barang yang dibelinya. Dalam hukum Islam, terdapat beberapa macam khiyar yang dapat dilakukan oleh pembeli. Berikut adalah sejumlah macam khiyar yang ada dalam hukum Islam dan penjelasannya.
1. Khiyar al-shart
Khiyar al-shart adalah khiyar yang terjadi saat pembeli dan penjual menentukan syarat-syarat dalam perjanjian jual beli. Khiyar ini dapat dilakukan oleh pembeli dalam waktu yang telah disepakati antara pembeli dan penjual. Khiyar al-shart dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu khiyar al-shart al-mu’ayyan dan khiyar al-shart al-musamma.
Khiyar al-shart al-mu’ayyan adalah khiyar yang dilakukan oleh pembeli dalam waktu yang telah disepakati antara pembeli dan penjual. Khiyar ini harus dilakukan oleh pembeli sebelum masa berakhirnya waktu yang telah disepakati. Sedangkan khiyar al-shart al-musamma adalah khiyar yang dilakukan oleh pembeli dalam waktu yang telah disepakati dan ditentukan dengan jelas dalam perjanjian jual beli.
2. Khiyar al-ayb
Khiyar al-ayb adalah khiyar yang dilakukan oleh pembeli ketika ia menemukan cacat pada barang yang dibelinya. Cacat yang dimaksud bisa berupa cacat yang tidak terlihat pada saat pembelian atau cacat yang terlihat pada saat pembelian. Pembeli dapat menggunakan khiyar ini untuk membatalkan pembelian atau meminta penggantian barang yang cacat.
3. Khiyar al-ru’yah
Khiyar al-ru’yah adalah khiyar yang dilakukan oleh pembeli ketika ia ingin melihat barang yang akan dibelinya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli atau tidak. Khiyar ini dapat dilakukan oleh pembeli ketika membeli barang yang tidak dikenalinya atau barang yang memiliki banyak jenis dan kualitas yang berbeda.
4. Khiyar al-tadlis
Khiyar al-tadlis adalah khiyar yang dilakukan oleh pembeli ketika penjual memberikan informasi yang salah atau menipu dalam menjual barang. Khiyar ini dapat dilakukan oleh pembeli ketika penjual memberikan informasi yang salah tentang barang atau memberikan harga yang berbeda dari harga yang seharusnya.
5. Khiyar al-wasf
Khiyar al-wasf adalah khiyar yang dilakukan oleh pembeli ketika barang yang dibelinya tidak sesuai dengan deskripsi yang diberikan oleh penjual. Khiyar ini dapat dilakukan oleh pembeli ketika penjual memberikan deskripsi yang salah tentang barang atau barang yang dijual tidak sesuai dengan deskripsi yang diberikan.
Dalam hukum Islam, khiyar dianggap sebagai hak yang diberikan oleh Allah SWT kepada pembeli untuk melindungi kepentingannya dalam jual beli. Oleh karena itu, pembeli berhak untuk menggunakan hak khiyar tersebut untuk memastikan bahwa barang yang dibelinya sesuai dengan kebutuhan dan kualitas yang diinginkan. Namun, penggunaan khiyar juga harus dilakukan dengan bijak dan tidak menimbulkan kerugian bagi penjual.
Rangkuman:
Penjelasan: sebutkan dan jelaskan macam macam khiyar
1. Khiyar adalah hak yang dimiliki oleh pembeli untuk memilih atau menolak suatu barang yang dibelinya.
Khiyar adalah hak yang diberikan kepada pembeli untuk memilih atau menolak suatu barang yang dibelinya. Dalam hukum Islam, khiyar merupakan sebuah hak yang diberikan oleh Allah SWT kepada pembeli untuk melindungi kepentingannya dalam jual beli. Khiyar dapat dilakukan oleh pembeli dalam beberapa situasi tertentu, seperti saat pembeli menemukan cacat pada barang yang dibelinya atau ketika barang yang dibelinya tidak sesuai dengan deskripsi yang diberikan oleh penjual.
Terdapat beberapa macam khiyar yang dapat dilakukan oleh pembeli dalam hukum Islam, yaitu khiyar al-shart, khiyar al-ayb, khiyar al-ru’yah, khiyar al-tadlis, dan khiyar al-wasf. Khiyar al-shart adalah khiyar yang terjadi saat pembeli dan penjual menentukan syarat-syarat dalam perjanjian jual beli. Khiyar ini dapat dilakukan oleh pembeli dalam waktu yang telah disepakati antara pembeli dan penjual. Khiyar al-ayb adalah khiyar yang dilakukan oleh pembeli ketika ia menemukan cacat pada barang yang dibelinya. Cacat yang dimaksud bisa berupa cacat yang tidak terlihat pada saat pembelian atau cacat yang terlihat pada saat pembelian.
Khiyar al-ru’yah adalah khiyar yang dilakukan oleh pembeli ketika ia ingin melihat barang yang akan dibelinya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli atau tidak. Khiyar ini dapat dilakukan oleh pembeli ketika membeli barang yang tidak dikenalinya atau barang yang memiliki banyak jenis dan kualitas yang berbeda. Khiyar al-tadlis adalah khiyar yang dilakukan oleh pembeli ketika penjual memberikan informasi yang salah atau menipu dalam menjual barang. Khiyar ini dapat dilakukan oleh pembeli ketika penjual memberikan informasi yang salah tentang barang atau memberikan harga yang berbeda dari harga yang seharusnya.
Khiyar al-wasf adalah khiyar yang dilakukan oleh pembeli ketika barang yang dibelinya tidak sesuai dengan deskripsi yang diberikan oleh penjual. Khiyar ini dapat dilakukan oleh pembeli ketika penjual memberikan deskripsi yang salah tentang barang atau barang yang dijual tidak sesuai dengan deskripsi yang diberikan. Dalam penggunaannya, penggunaan khiyar harus dilakukan dengan bijak dan tidak menimbulkan kerugian bagi penjual. Oleh karena itu, penggunaan hak khiyar ini harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian dan tidak menyalahi aturan yang telah ditetapkan dalam hukum Islam.
2. Terdapat beberapa macam khiyar yang dapat dilakukan oleh pembeli dalam hukum Islam.
Poin kedua pada tema ‘sebutkan dan jelaskan macam macam khiyar’ menjelaskan bahwa terdapat beberapa macam khiyar yang dapat dilakukan oleh pembeli dalam hukum Islam. Khiyar merupakan hak yang diberikan oleh Allah SWT kepada pembeli untuk melindungi kepentingannya dalam jual beli. Dalam hukum Islam, terdapat beberapa jenis khiyar yang bisa dilakukan oleh pembeli, di antaranya:
1. Khiyar al-shart
Khiyar al-shart terjadi saat pembeli dan penjual menentukan syarat-syarat dalam perjanjian jual beli. Khiyar ini dapat dilakukan oleh pembeli dalam waktu yang telah disepakati antara pembeli dan penjual. Khiyar al-shart dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu khiyar al-shart al-mu’ayyan dan khiyar al-shart al-musamma.
Khiyar al-shart al-mu’ayyan adalah khiyar yang dilakukan oleh pembeli dalam waktu yang telah disepakati antara pembeli dan penjual. Sedangkan khiyar al-shart al-musamma adalah khiyar yang dilakukan oleh pembeli dalam waktu yang telah disepakati dan ditentukan dengan jelas dalam perjanjian jual beli.
2. Khiyar al-ayb
Khiyar al-ayb adalah khiyar yang dilakukan oleh pembeli ketika ia menemukan cacat pada barang yang dibelinya. Cacat yang dimaksud bisa berupa cacat yang tidak terlihat pada saat pembelian atau cacat yang terlihat pada saat pembelian. Pembeli dapat menggunakan khiyar ini untuk membatalkan pembelian atau meminta penggantian barang yang cacat.
3. Khiyar al-ru’yah
Khiyar al-ru’yah adalah khiyar yang dilakukan oleh pembeli ketika ia ingin melihat barang yang akan dibelinya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli atau tidak. Khiyar ini dapat dilakukan oleh pembeli ketika membeli barang yang tidak dikenalinya atau barang yang memiliki banyak jenis dan kualitas yang berbeda.
4. Khiyar al-tadlis
Khiyar al-tadlis adalah khiyar yang dilakukan oleh pembeli ketika penjual memberikan informasi yang salah atau menipu dalam menjual barang. Khiyar ini dapat dilakukan oleh pembeli ketika penjual memberikan informasi yang salah tentang barang atau memberikan harga yang berbeda dari harga yang seharusnya.
5. Khiyar al-wasf
Khiyar al-wasf adalah khiyar yang dilakukan oleh pembeli ketika barang yang dibelinya tidak sesuai dengan deskripsi yang diberikan oleh penjual. Khiyar ini dapat dilakukan oleh pembeli ketika penjual memberikan deskripsi yang salah tentang barang atau barang yang dijual tidak sesuai dengan deskripsi yang diberikan.
Dalam hukum Islam, penggunaan hak khiyar harus dilakukan dengan bijak dan tidak menimbulkan kerugian bagi penjual. Oleh karena itu, pembeli harus memahami jenis-jenis khiyar yang ada dan memastikan bahwa penggunaannya sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku dalam hukum Islam.
3. Khiyar al-shart adalah khiyar yang terjadi saat pembeli dan penjual menentukan syarat-syarat dalam perjanjian jual beli.
Khiyar al-shart adalah salah satu jenis khiyar yang terjadi saat pembeli dan penjual menentukan syarat-syarat dalam perjanjian jual beli. Khiyar ini memberikan hak kepada pembeli untuk memilih atau menolak barang yang dibelinya dalam waktu yang telah disepakati antara pembeli dan penjual.
Khiyar al-shart dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu khiyar al-shart al-mu’ayyan dan khiyar al-shart al-musamma. Khiyar al-shart al-mu’ayyan adalah ketika pembeli dapat memilih atau menolak barang dalam waktu yang telah disepakati, namun harus dilakukan sebelum masa berakhirnya waktu tersebut. Sedangkan khiyar al-shart al-musamma adalah ketika pembeli dapat memilih atau menolak barang dalam waktu yang telah disepakati dan ditentukan dengan jelas dalam perjanjian jual beli.
Contohnya, ketika pembeli dan penjual sepakat untuk melakukan perjanjian jual beli sebuah mobil dalam waktu 3 hari, maka dalam waktu tersebut pembeli berhak melakukan khiyar al-shart. Pembeli dapat memilih atau menolak mobil tersebut dalam waktu 3 hari, baik itu dilakukan sebelum masa berakhirnya waktu atau pada saat waktu telah berakhir. Namun, jika dalam waktu tersebut pembeli tidak melakukan khiyar, maka pembeli dianggap telah menerima mobil tersebut dan tidak dapat melakukan pembatalan atau pengembalian uang.
Dalam hukum Islam, penggunaan khiyar al-shart harus dilakukan dengan bijak dan tidak menimbulkan kerugian bagi penjual. Khiyar al-shart memberikan kebebasan kepada pembeli untuk memilih atau menolak barang yang dibelinya, namun harus dilakukan dalam batas waktu yang telah disepakati. Oleh karena itu, pembeli harus mempertimbangkan dengan baik sebelum melakukan khiyar al-shart dan tidak menyalahgunakannya untuk merugikan penjual.
4. Khiyar al-ayb adalah khiyar yang dilakukan oleh pembeli ketika ia menemukan cacat pada barang yang dibelinya.
Poin keempat dalam tema ‘sebutkan dan jelaskan macam-macam khiyar’ adalah khiyar al-ayb. Khiyar ini terjadi ketika pembeli menemukan cacat pada barang yang dibelinya. Cacat yang dimaksud bisa berupa cacat yang tidak terlihat pada saat pembelian atau cacat yang terlihat pada saat pembelian.
Dalam hukum Islam, pembeli memiliki hak untuk menolak barang yang memiliki cacat atau kerusakan yang tidak diberitahukan oleh penjual pada saat pembelian. Khiyar al-ayb memberikan hak kepada pembeli untuk membatalkan pembelian atau meminta penggantian barang yang cacat.
Namun, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pembeli agar dapat menggunakan hak khiyar al-ayb ini, yaitu:
1. Pembeli harus menemukan cacat pada barang tersebut dalam waktu yang tidak terlalu lama setelah pembelian.
2. Pembeli harus memberitahukan kepada penjual tentang cacat yang ditemukan pada barang tersebut.
3. Cacat pada barang tersebut harus cukup serius dan mempengaruhi fungsinya secara signifikan.
Pembeli memiliki waktu yang terbatas untuk menggunakan hak khiyar al-ayb ini, yaitu dalam waktu tiga hari sejak barang diterima. Apabila pembeli tidak menggunakan hak ini dalam waktu tiga hari, maka ia tidak lagi dapat membatalkan pembelian atau meminta penggantian barang yang cacat.
Dalam praktiknya, penjual dan pembeli sebaiknya membuat kesepakatan yang jelas mengenai kondisi barang dan syarat-syarat jual beli agar tidak terjadi perbedaan pemahaman dan perselisihan di kemudian hari. Dengan demikian, pembeli dapat memilih barang yang sesuai dengan kebutuhan dan penjual dapat menjual barang dengan jujur dan bertanggung jawab.
5. Khiyar al-ru’yah adalah khiyar yang dilakukan oleh pembeli ketika ia ingin melihat barang yang akan dibelinya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli atau tidak.
Poin kelima dari tema “sebutkan dan jelaskan macam-macam khiyar” adalah “Khiyar al-ru’yah adalah khiyar yang dilakukan oleh pembeli ketika ia ingin melihat barang yang akan dibelinya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli atau tidak.”
Khiyar al-ru’yah adalah salah satu jenis khiyar dalam hukum Islam. Kata “ru’yah” berasal dari bahasa Arab yang berarti “melihat” atau “pengamatan”. Khiyar ini memungkinkan pembeli untuk memeriksa barang sebelum memutuskan untuk membeli atau tidak.
Khiyar al-ru’yah umumnya berlaku dalam situasi di mana pembeli tidak dapat menentukan kualitas atau kondisi barang hanya dari deskripsi yang diberikan oleh penjual. Contohnya, saat membeli mobil bekas, pembeli dapat memeriksa mobil tersebut terlebih dahulu sebelum memutuskan apakah akan membeli atau tidak.
Pembeli dapat menggunakan khiyar al-ru’yah pada saat bertemu dengan penjual atau pada saat barang yang akan dibeli dikirimkan melalui kurir. Jika pembeli tidak puas dengan kondisi barang yang diterima, ia dapat memutuskan untuk menolak barang tersebut dan meminta pengembalian uang atau penggantian barang yang sesuai dengan deskripsi awal.
Namun, perlu diingat bahwa pembeli harus memeriksa barang dengan hati-hati dan tidak merusak barang tersebut. Jika terjadi kerusakan pada barang akibat pemeriksaan yang tidak hati-hati, maka pembeli tidak dapat menggunakan hak khiyar al-ru’yah.
Dalam hal ini, khiyar al-ru’yah membantu pembeli dalam melindungi dirinya dari penipuan atau kecurangan dalam jual beli. Oleh karena itu, pembeli harus memahami hak-haknya dan menggunakan hak tersebut dengan bijak.
6. Khiyar al-tadlis adalah khiyar yang dilakukan oleh pembeli ketika penjual memberikan informasi yang salah atau menipu dalam menjual barang.
Poin keenam dari tema “sebutkan dan jelaskan macam-macam khiyar” adalah “Khiyar al-tadlis adalah khiyar yang dilakukan oleh pembeli ketika penjual memberikan informasi yang salah atau menipu dalam menjual barang.”
Khiyar al-tadlis berarti “khiyar yang dilakukan ketika penjual menipu.” Hal ini terjadi ketika penjual memberikan informasi yang salah atau menipu dalam menjual barang. Pembeli dapat menggunakan khiyar ini untuk membatalkan pembelian atau meminta penggantian barang yang dibeli.
Contoh dari Khiyar al-tadlis adalah ketika penjual memberikan informasi yang salah tentang barang yang akan dibeli. Misalnya, penjual menjual sebuah mobil bekas dan memberitahu pembeli bahwa mobil tersebut tidak pernah mengalami kecelakaan, tetapi pada kenyataannya mobil tersebut telah mengalami kecelakaan sebelumnya. Dalam hal ini, pembeli berhak menggunakan khiyar al-tadlis untuk membatalkan pembelian atau meminta penggantian mobil dengan mobil yang tidak pernah mengalami kecelakaan.
Khiyar al-tadlis sangat penting dalam jual beli karena melindungi pembeli dari penipuan dan kebohongan penjual. Dalam Islam, penipuan dan kebohongan dianggap sebagai dosa besar dan harus dihindari. Oleh karena itu, pembeli harus selalu berhati-hati dan menggunakan hak khiyar al-tadlis ketika diperlukan.
Namun, penggunaan khiyar al-tadlis harus dilakukan dengan bijak dan tidak menimbulkan kerugian bagi penjual. Sebagai pembeli yang bijak, kita harus selalu memeriksa keadaan barang sebelum membeli dan menanyakan informasi yang jelas pada penjual. Dengan demikian, kita dapat menghindari penipuan dan kebohongan dari penjual dan menggunakan hak khiyar al-tadlis dengan bijak.
7. Khiyar al-wasf adalah khiyar yang dilakukan oleh pembeli ketika barang yang dibelinya tidak sesuai dengan deskripsi yang diberikan oleh penjual.
Khiyar al-wasf merupakan salah satu jenis dari macam-macam khiyar dalam hukum Islam. Khiyar ini dilakukan oleh pembeli ketika barang yang dibelinya tidak sesuai dengan deskripsi yang diberikan oleh penjual. Sebagai contoh, apabila seorang pembeli membeli sebuah laptop dengan spesifikasi tertentu dari penjual, tetapi ternyata laptop yang diterimanya tidak sesuai dengan deskripsi yang diberikan oleh penjual, maka pembeli dapat melakukan khiyar al-wasf.
Khiyar al-wasf ini juga dapat dilakukan ketika penjual memberikan deskripsi yang salah tentang barang yang dijual, sehingga pembeli merasa tertipu. Pembeli berhak untuk meminta pengembalian uang atau penggantian barang yang sesuai dengan deskripsi yang diberikan oleh penjual.
Namun, perlu diingat bahwa pembeli harus melakukan khiyar al-wasf dalam waktu yang wajar dan segera setelah mengetahui bahwa barang yang dibelinya tidak sesuai dengan deskripsi yang diberikan oleh penjual. Pembeli juga harus membuktikan bahwa barang yang diterimanya tidak sesuai dengan deskripsi yang diberikan oleh penjual.
Khiyar al-wasf menunjukkan bahwa dalam transaksi jual beli, penjual memiliki kewajiban untuk memberikan deskripsi yang jelas dan akurat tentang barang yang dijual. Penjual juga harus memastikan bahwa barang yang dijual sesuai dengan deskripsi yang diberikan, sehingga tidak menimbulkan kerugian bagi pembeli.
Dalam ajaran Islam, saat melakukan transaksi jual beli, baik pembeli maupun penjual seharusnya tidak saling menipu atau mengambil keuntungan yang tidak wajar. Khiyar al-wasf memberikan perlindungan bagi pembeli dari penjualan barang yang tidak sesuai dengan deskripsi yang diberikan oleh penjual. Oleh karena itu, penting bagi pembeli untuk memahami hak-haknya dalam jual beli dan menggunakan khiyar al-wasf dengan bijak.
8. Khiyar dianggap sebagai hak yang diberikan oleh Allah SWT kepada pembeli untuk melindungi kepentingannya dalam jual beli.
Khiyar merupakan hak yang diberikan oleh Allah SWT kepada pembeli sebagai bentuk perlindungan kepentingannya dalam jual beli. Dalam ajaran Islam, jual beli yang dilakukan haruslah berdasarkan pada prinsip keadilan dan kejujuran. Oleh karena itu, penting bagi pembeli untuk mendapatkan hak khiyar agar dapat memastikan bahwa barang yang dibelinya sesuai dengan kebutuhan dan kualitas yang diinginkan.
Dalam Al-Quran dan Hadis, terdapat beberapa ayat dan hadis yang menegaskan tentang pentingnya hak khiyar dalam jual beli. Sebagai contoh, dalam Surat al-Baqarah ayat 282, disebutkan bahwa “Jika kamu bertransaksi satu dengan yang lain, maka hendaklah transaksimu itu ditulis”. Dalam ayat ini, salah satu tujuan penulisan transaksi adalah untuk melindungi hak-hak pembeli melalui kesepakatan yang jelas antara pembeli dan penjual.
Selain itu, Rasulullah SAW juga memerintahkan umatnya untuk bertransaksi dengan jujur dan menghindari segala bentuk penipuan dalam jual beli. Beliau juga memberikan contoh ketika seorang penjual mengatakan bahwa barang yang dijualnya memiliki kualitas yang tinggi, tetapi setelah diperiksa ternyata tidak sesuai dengan deskripsi yang diberikan, maka pembeli berhak untuk menggunakan hak khiyar al-wasf untuk membatalkan pembelian atau meminta penggantian barang yang sesuai dengan deskripsi yang telah diberikan.
Dengan demikian, hak khiyar dianggap sebagai hak yang diberikan oleh Allah SWT kepada pembeli sebagai bentuk perlindungan kepentingannya dalam jual beli. Namun, penggunaan hak khiyar harus dilakukan dengan bijak dan tidak menimbulkan kerugian bagi penjual, sehingga tercipta transaksi jual beli yang adil dan mengikuti prinsip-prinsip ajaran Islam.
9. Penggunaan khiyar harus dilakukan dengan bijak dan tidak menimbulkan kerugian bagi penjual.
1. Khiyar adalah hak yang dimiliki oleh pembeli untuk memilih atau menolak suatu barang yang dibelinya. Dalam konteks hukum Islam, khiyar dianggap sebagai salah satu sarana untuk melindungi diri pembeli dari kemungkinan penipuan atau kerugian dalam jual beli.
2. Terdapat beberapa macam khiyar yang dapat dilakukan oleh pembeli dalam hukum Islam. Khiyar tersebut antara lain: khiyar al-shart, khiyar al-ayb, khiyar al-ru’yah, khiyar al-tadlis, dan khiyar al-wasf. Setiap jenis khiyar memiliki aturan dan syarat penggunaan yang berbeda-beda.
3. Khiyar al-shart adalah jenis khiyar yang terjadi saat pembeli dan penjual menentukan syarat-syarat dalam perjanjian jual beli. Khiyar ini dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu khiyar al-shart al-mu’ayyan dan khiyar al-shart al-musamma. Khiyar al-shart al-mu’ayyan adalah khiyar yang dilakukan oleh pembeli dalam waktu yang telah disepakati antara pembeli dan penjual, sedangkan khiyar al-shart al-musamma adalah khiyar yang ditentukan dengan jelas dalam perjanjian jual beli.
4. Khiyar al-ayb adalah jenis khiyar yang dilakukan oleh pembeli ketika ia menemukan cacat pada barang yang dibelinya. Cacat yang dimaksud bisa berupa cacat yang tidak terlihat pada saat pembelian atau cacat yang terlihat pada saat pembelian. Pembeli dapat menggunakan khiyar ini untuk membatalkan pembelian atau meminta penggantian barang yang cacat.
5. Khiyar al-ru’yah adalah jenis khiyar yang dilakukan oleh pembeli ketika ia ingin melihat barang yang akan dibelinya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli atau tidak. Khiyar ini dapat dilakukan oleh pembeli ketika membeli barang yang tidak dikenalinya atau barang yang memiliki banyak jenis dan kualitas yang berbeda.
6. Khiyar al-tadlis adalah jenis khiyar yang dilakukan oleh pembeli ketika penjual memberikan informasi yang salah atau menipu dalam menjual barang. Khiyar ini dapat dilakukan oleh pembeli ketika penjual memberikan informasi yang salah tentang barang atau memberikan harga yang berbeda dari harga yang seharusnya.
7. Khiyar al-wasf adalah jenis khiyar yang dilakukan oleh pembeli ketika barang yang dibelinya tidak sesuai dengan deskripsi yang diberikan oleh penjual. Khiyar ini dapat dilakukan oleh pembeli ketika penjual memberikan deskripsi yang salah tentang barang atau barang yang dijual tidak sesuai dengan deskripsi yang diberikan.
8. Khiyar dianggap sebagai hak yang diberikan oleh Allah SWT kepada pembeli untuk melindungi kepentingannya dalam jual beli. Oleh karena itu, penggunaan khiyar adalah hal yang dianjurkan dalam hukum Islam untuk memastikan bahwa barang yang dibeli sesuai dengan kebutuhan dan kualitas yang diinginkan.
9. Penggunaan khiyar harus dilakukan dengan bijak dan tidak menimbulkan kerugian bagi penjual. Meskipun pada dasarnya, pembeli berhak menggunakan hak khiyar yang dimilikinya, namun pembeli juga harus memperhatikan kepentingan penjual. Oleh karena itu, penggunaan khiyar harus dilakukan dengan bijak dan tidak menimbulkan kerugian bagi penjual.