Mengapa Keutuhan Nkri Harus Dipertahankan

mengapa keutuhan nkri harus dipertahankan –

Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harus dipertahankan karena sebagai negara yang berbentuk kesatuan, Indonesia memiliki arti dan makna yang luar biasa bagi warganya. Selain itu, keutuhan NKRI juga menjadi dasar bagi Indonesia untuk menjaga stabilitas politik, ekonomi, hukum, sosial, dan budaya. Oleh karena itu, menjaga keutuhan NKRI merupakan kewajiban bersama yang harus dipenuhi oleh semua warga Negara.

Secara historis, keutuhan NKRI adalah hasil perjuangan rakyat Indonesia yang telah berlangsung selama bertahun-tahun. Perjuangan ini telah membawa Indonesia keluar dari kekacauan politik, ekonomi, dan sosial yang terjadi sebelumnya. Sejak saat itu, keutuhan NKRI telah menjadi dasar Negara yang memungkinkan Indonesia berkembang dan ikut berperan di dunia internasional.

Selain itu, keutuhan NKRI juga memungkinkan Indonesia untuk menjaga kesatuan dan persatuan yang berbeda. Setiap wilayah di Indonesia memiliki budaya, bahasa, dan adat istiadat yang berbeda, namun di dalam kerangka Negara Kesatuan, semua warga Negara Indonesia dapat menikmati kesetaraan hak dan kebebasan yang sama. Keutuhan NKRI juga menjadi landasan bagi pemerintah untuk menyediakan layanan publik yang adil dan merata untuk semua warga Negara.

Kemudian, keutuhan NKRI juga menjadi alasan yang kuat bagi Indonesia untuk membangun perdamaian, stabilitas, dan keamanan di kawasan. Sejak berdiri, Indonesia telah menjadi pelopor perdamaian di kawasan dan telah menjadi wadah bagi berbagai kelompok etnis, agama, dan ras untuk hidup berdampingan dalam harmoni. Keutuhan NKRI juga memungkinkan Indonesia untuk menjadi pembela kepentingan dunia internasional dan berperan sebagai moderator perselisihan antarnegara.

Oleh karena itu, keutuhan NKRI harus dipertahankan. Sebagai warga Negara, kita harus berkontribusi dalam mempertahankan keutuhan NKRI dengan cara menghormati dan menghargai perbedaan sesama warga Negara dan menjaga kesatuan dan persatuan yang ada. Kemudian, kita juga harus menjadi teladan bagi generasi muda untuk menghormati keutuhan NKRI dan menjadi warga Negara yang bertanggung jawab. Dengan demikian, keutuhan NKRI dapat terus dipertahankan untuk mendukung kemajuan dan kesejahteraan bersama di Indonesia.

Penjelasan Lengkap: mengapa keutuhan nkri harus dipertahankan

1. Keutuhan NKRI merupakan hasil perjuangan rakyat Indonesia yang telah berlangsung selama bertahun-tahun.

Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan hasil perjuangan rakyat Indonesia yang telah berlangsung selama bertahun-tahun. Sejarah keutuhan NKRI dimulai pada tahun 1945 ketika Indonesia merdeka dari Belanda. Setelah proses perjuangan panjang yang dilakukan oleh para pahlawan, Presiden Soekarno dan para tokoh bangsa lainnya, Indonesia menjadi satu negara kesatuan.

Keutuhan NKRI merupakan hal yang sangat penting bagi masa depan Indonesia. Tanpa keutuhan NKRI, Indonesia tidak akan dapat mencapai tujuannya sebagai negara yang maju dan stabil. Keutuhan NKRI merupakan landasan yang menjadi pondasi bagi setiap keputusan pemerintah yang diambil demi meningkatkan kesejahteraan rakyat. Keutuhan NKRI juga memberikan rakyat Indonesia perlindungan hukum yang sama, sehingga semua hak dan kewajiban rakyat Indonesia dapat dipenuhi.

Selain itu, keutuhan NKRI juga memungkinkan Indonesia untuk memajukan dirinya dalam berbagai bidang. Dengan keutuhan NKRI, Indonesia dapat membangun jembatan kerjasama dengan negara-negara lain untuk menciptakan kesejahteraan yang lebih baik bagi rakyatnya. Keutuhan NKRI juga memungkinkan Indonesia untuk menjadi anggota dari organisasi internasional seperti PBB, ASEAN, dan lainnya.

Keutuhan NKRI juga menjadi salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Dengan keutuhan NKRI, Indonesia dapat menciptakan iklim investasi yang aman dan menarik bagi para investor. Ini membantu menarik investasi asing yang dapat membantu Indonesia mencapai tujuannya sebagai negara berkembang.

Keutuhan NKRI juga dapat membantu Indonesia dalam menjaga stabilitas politik. Keutuhan NKRI memungkinkan Indonesia untuk menciptakan dan memperkuat sistem pemerintahan yang demokratis dan berdasarkan hukum. Ini membantu untuk menjaga stabilitas politik di Indonesia, sehingga rakyat dapat tinggal dan hidup dengan aman dan damai.

Seluruh alasan tersebut menunjukkan bahwa keutuhan NKRI harus dipertahankan agar Indonesia dapat berkembang dengan baik. Keutuhan NKRI adalah hasil dari perjuangan rakyat Indonesia selama bertahun-tahun yang telah membuat Indonesia menjadi negara yang kuat dan berdaulat hingga saat ini. Oleh karena itu, keutuhan NKRI harus dipertahankan agar Indonesia dapat berkembang menjadi negara yang lebih baik dan lebih sejahtera.

Baca juga:  Jelaskan Letak Negara Indonesia

2. Keutuhan NKRI merupakan dasar bagi Indonesia untuk menjaga stabilitas politik, ekonomi, hukum, sosial, dan budaya.

Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan faktor penting yang harus dipertahankan oleh semua warga negara. Hal ini karena keutuhan NKRI merupakan dasar bagi Indonesia untuk menjaga stabilitas politik, ekonomi, hukum, sosial, dan budaya. Keutuhan NKRI menjamin perlindungan hukum yang sama bagi semua warga negara, serta menciptakan rasa persatuan dan membangun rasa kesadaran akan identitas nasional yang kuat. Di samping itu, keutuhan NKRI juga merupakan dasar bagi Indonesia untuk membangun dan menjaga stabilitas politik, ekonomi, hukum, sosial, dan budaya.

Stabilitas politik berperan dalam membina hubungan yang harmonis antara pemerintah dan rakyat. Dengan menjaga keutuhan NKRI, pemerintah dapat memastikan bahwa semua warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama. Hal ini memudahkan pemerintah dalam menjalankan tugasnya untuk menjaga kedamaian dan kerukunan di seluruh wilayah negara. Dengan menjaga keutuhan NKRI, Indonesia juga dapat menjaga stabilitas dan ketertiban politik, sehingga dapat memastikan bahwa pemerintah dan rakyatnya dapat berkomunikasi dan bekerja sama dalam mencapai tujuan bersama.

Selain itu, keutuhan NKRI juga berperan dalam membangun stabilitas ekonomi di Indonesia. Dengan menjaga keutuhan NKRI, pemerintah dapat memastikan bahwa semua warga negara memiliki hak yang sama untuk memperoleh pendidikan, pekerjaan, dan peluang usaha. Hal ini memudahkan pemerintah dalam menjalankan tugasnya untuk memajukan perekonomian nasional. Dengan menjaga stabilitas ekonomi, Indonesia dapat memastikan bahwa semua warga negara memiliki kesempatan yang sama untuk mencapai kesejahteraan ekonomi.

Selain itu, keutuhan NKRI juga berperan dalam membangun stabilitas hukum di Indonesia. Dengan menjaga keutuhan NKRI, pemerintah dapat memastikan bahwa semua warga negara memiliki hak yang sama untuk mendapatkan perlindungan hukum. Hal ini memudahkan pemerintah dalam menjalankan tugasnya untuk menjaga kedamaian di seluruh wilayah negara. Dengan menjaga stabilitas hukum, Indonesia dapat memastikan bahwa semua warga negara mendapatkan perlindungan hukum yang adil dan wajar.

Selain itu, keutuhan NKRI juga berperan dalam membangun stabilitas sosial di Indonesia. Dengan menjaga keutuhan NKRI, pemerintah dapat memastikan bahwa semua warga negara memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pelayanan sosial yang adil dan wajar. Hal ini memudahkan pemerintah dalam menjalankan tugasnya untuk menjaga keadilan sosial di seluruh wilayah negara. Dengan menjaga stabilitas sosial, Indonesia dapat memastikan bahwa semua warga negara mendapatkan pelayanan sosial yang adil dan wajar.

Selain itu, keutuhan NKRI juga berperan dalam membangun stabilitas budaya di Indonesia. Dengan menjaga keutuhan NKRI, pemerintah dapat memastikan bahwa semua warga negara memiliki hak yang sama untuk turut serta dalam kegiatan budaya yang diadakan di seluruh wilayah negara. Hal ini memudahkan pemerintah dalam menjalankan tugasnya untuk menjaga kearifan lokal dan budaya tradisional di seluruh wilayah negara. Dengan menjaga stabilitas budaya, Indonesia dapat memastikan bahwa semua warga negara mendapatkan akses kepada kearifan lokal dan budaya tradisional.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa keutuhan NKRI merupakan dasar bagi Indonesia untuk menjaga stabilitas politik, ekonomi, hukum, sosial, dan budaya. Keutuhan NKRI menjamin perlindungan hukum yang sama bagi semua warga negara, serta menciptakan rasa persatuan dan membangun rasa kesadaran akan identitas nasional yang kuat. Di samping itu, keutuhan NKRI juga berperan dalam membangun stabilitas politik, ekonomi, hukum, sosial, dan budaya di Indonesia, sehingga semua warga negara dapat hidup dalam kedamaian, kerukunan, dan keadilan. Oleh karena itu, penting untuk diingat bahwa keutuhan NKRI harus selalu dipertahankan.

3. Keutuhan NKRI memungkinkan Indonesia untuk menjaga kesatuan dan persatuan yang berbeda.

Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan hal yang sangat penting untuk dipertahankan. NKRI telah menjadi landasan bagi Indonesia dalam mencapai kemajuan dan kesejahteraan bagi seluruh rakyatnya. Selain itu, keutuhan NKRI menjadi syarat untuk menjaga kesatuan dan persatuan yang berbeda yang terdapat di Indonesia.

Keutuhan NKRI memungkinkan Indonesia untuk menjaga kesatuan dan persatuan yang berbeda. Indonesia merupakan negara yang unik karena berbagai macam etnis, budaya, bahasa, dan agama masih hidup berdampingan. Keanekaragaman ini adalah sebuah kekayaan yang harus dijaga dan dipelihara. Namun, kesatuan dan persatuan harus dijaga agar tidak mengakibatkan perpecahan di antara berbagai kelompok etnis yang berbeda. Oleh karena itu, keutuhan NKRI sangat penting untuk menjaga kesatuan dan persatuan yang berbeda.

Kesatuan dan persatuan yang berbeda merupakan kunci untuk menciptakan situasi yang aman dan stabil di Indonesia. Dengan kesatuan dan persatuan, konflik di antara berbagai kelompok etnis dapat dihindari. Selain itu, kesatuan dan persatuan yang berbeda juga memungkinkan Indonesia untuk menciptakan suasana yang kondusif bagi pengembangan ekonomi dan sosial. Dengan kesatuan dan persatuan, masyarakat dapat bekerja sama, bekerja keras, dan bertanggung jawab untuk mencapai tujuan bersama, seperti menciptakan kesejahteraan dan kemajuan yang berkelanjutan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Baca juga:  Jelaskan Bagaimana Cara Menendang Bola Dengan Kaki Bagian Dalam

Keutuhan NKRI memungkinkan Indonesia untuk menjaga kesatuan dan persatuan yang berbeda. Indonesia memiliki kompleksitas dan keanekaragaman yang luar biasa. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesatuan dan persatuan yang berbeda agar Indonesia dapat tetap bersatu. Dengan menjaga kesatuan dan persatuan yang berbeda, Indonesia dapat menciptakan suasana yang aman dan stabil, serta menciptakan kesejahteraan dan kemajuan yang berkelanjutan bagi seluruh rakyatnya. Oleh karena itu, keutuhan NKRI harus dipertahankan.

4. Keutuhan NKRI memungkinkan Indonesia untuk menyediakan layanan publik yang adil dan merata untuk semua warga Negara.

Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah hal yang harus dipertahankan agar Indonesia tetap menjadi negara yang utuh dan berdaulat. Negara yang utuh akan memungkinkan Indonesia untuk menyediakan layanan publik yang adil dan merata untuk semua warga negara, mempertahankan keamanan dan stabilitas, serta meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat.

Pertama, keutuhan NKRI memungkinkan Indonesia untuk menyediakan layanan publik yang adil dan merata untuk semua warga negara. Hal ini dapat dicapai dengan memastikan bahwa semua warga negara memiliki hak yang sama dalam menikmati layanan publik seperti kesehatan, pendidikan, dan lain-lain. Keutuhan NKRI juga memungkinkan Indonesia untuk memastikan bahwa semua warga negara mendapatkan pelayanan yang setara, tanpa membedakan antara satu warga negara dengan warga negara lain. Dengan demikian, keutuhan NKRI dapat memastikan bahwa semua warga negara mendapatkan hak yang sama, tanpa memandang etnis, gender, atau agama.

Kedua, keutuhan NKRI juga memungkinkan Indonesia untuk mempertahankan keamanan dan stabilitas, baik di tingkat nasional maupun internasional. Keutuhan NKRI menciptakan jaminan bahwa Indonesia adalah negara yang utuh, yang mampu melindungi hak-hak warga negaranya dan mencegah penyebaran ketidakstabilan (termasuk konflik intern) di seluruh wilayah Indonesia. Dengan demikian, keutuhan NKRI dapat memastikan bahwa Indonesia dapat bertahan dari ancaman dan gangguan yang datang dari luar, serta meningkatkan perdamaian, stabilitas, dan kerukunan di antara warga negara.

Ketiga, keutuhan NKRI juga memungkinkan Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat. Hal ini dapat dicapai dengan memastikan bahwa semua warga negara memiliki hak yang sama untuk menikmati layanan publik yang adil dan merata, seperti layanan kesehatan, pendidikan, dan lain-lain. Keutuhan NKRI juga memungkinkan pemerintah untuk menciptakan kondisi yang kondusif bagi pengembangan ekonomi dan pembangunan, sehingga masyarakat dengan mudah dapat meningkatkan kesejahteraan mereka dan kualitas hidup mereka.

Keempat, keutuhan NKRI memungkinkan Indonesia untuk menyediakan layanan publik yang adil dan merata untuk semua warga Negara. Keutuhan NKRI memastikan bahwa semua warga negara mendapatkan hak yang sama, tanpa membedakan etnis, gender, atau agama. Dengan memastikan bahwa semua warga negara memiliki hak yang sama, keutuhan NKRI dapat menciptakan suasana yang kondusif bagi pengembangan ekonomi dan pembangunan, serta meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat.

Kesimpulannya, keutuhan NKRI harus dipertahankan agar Indonesia tetap menjadi negara yang utuh dan berdaulat. Keutuhan NKRI memungkinkan Indonesia untuk menyediakan layanan publik yang adil dan merata untuk semua warga Negara, mempertahankan keamanan dan stabilitas, serta meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat. Oleh karena itu, penting bagi semua warga negara untuk mendukung dan mempertahankan keutuhan NKRI.

5. Keutuhan NKRI memungkinkan Indonesia untuk menjadi pembela kepentingan dunia internasional dan berperan sebagai moderator perselisihan antarnegara.

Keutuhan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) adalah suatu hal yang penting bagi keberlangsungan dan stabilitas Indonesia. Tanpa keutuhan NKRI, Indonesia tidak akan dapat mencapai tujuannya dalam hal menciptakan kemakmuran dan kesejahteraan untuk seluruh rakyatnya. Oleh karena itu, penting bagi Indonesia untuk mempertahankan keutuhan NKRI agar dapat mencapai tujuannya.

Salah satu alasan mengapa keutuhan NKRI harus dipertahankan adalah bahwa ia memungkinkan Indonesia untuk menjadi pembela kepentingan dunia internasional dan berperan sebagai moderator perselisihan antarnegara. Dengan keutuhan NKRI, Indonesia dapat menjadi mediator di antara berbagai pihak dalam sebuah konflik internasional. Hal ini akan memungkinkan Indonesia untuk mempromosikan kepentingan dunia internasional secara nasional dan global, dan untuk membawa keadilan dan perdamaian melalui diplomasi.

Selain itu, keutuhan NKRI juga memungkinkan Indonesia untuk menjadi tuan rumah dari berbagai forum internasional yang penting. Hal ini dapat membantu Indonesia untuk meningkatkan citra internasionalnya serta meningkatkan hubungan diplomatiknya dengan berbagai negara di seluruh dunia. Indonesia juga akan dapat meningkatkan daya saingnya di kancah internasional jika ia dapat menjadi tuan rumah dari berbagai forum internasional.

Kemudian, keutuhan NKRI juga akan memungkinkan Indonesia untuk menjadi pemimpin dalam menangani berbagai isu global yang penting. Dengan keutuhan NKRI, Indonesia dapat menjadi mitra penting dalam menangani isu-isu global seperti hak asasi manusia, perlindungan lingkungan, kesetaraan gender, dan lainnya. Hal ini akan membantu Indonesia untuk meningkatkan citra internasionalnya dan dapat menjadi salah satu mitra utama dalam menangani berbagai isu global.

Baca juga:  Jelaskan Pengertian Pertumbuhan Ekonomi

Untuk itu, keutuhan NKRI harus dipertahankan agar Indonesia dapat menjadi pembela kepentingan dunia internasional dan berperan sebagai moderator perselisihan antarnegara. Dengan keutuhan NKRI, Indonesia dapat menjadi mediator di antara berbagai pihak dalam sebuah konflik internasional, meningkatkan daya saingnya di kancah internasional, dan menjadi pemimpin dalam menangani berbagai isu global. Dengan demikian, keutuhan NKRI akan membantu Indonesia untuk mencapai tujuannya dalam hal menciptakan kemakmuran dan kesejahteraan untuk seluruh rakyatnya.

6. Keutuhan NKRI harus dipertahankan dengan cara menghargai dan menghormati perbedaan sesama warga Negara dan menjaga kesatuan dan persatuan yang ada.

Keutuhan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) harus dipertahankan dengan cara menghormati dan menghargai perbedaan sesama warga negara dan menjaga kesatuan dan persatuan yang ada. Ide ini diperlukan untuk memastikan bahwa setiap warga negara merasakan keadilan dan hak-hak yang sama. Ini juga penting untuk memastikan bahwa sebuah negara tidak hanya menjadi bersatu, tetapi juga menjadi lebih kuat.

Pertama, menghormati dan menghargai perbedaan sesama warga negara penting karena setiap warga negara memiliki hak yang sama. Tidak peduli apa latar belakang penduduknya, semua warga negara harus dihargai dan dihormati. Ini penting untuk menghindari benturan antargolongan dan untuk membangun jembatan antarkelompok. Dengan menghargai dan menghormati perbedaan yang ada, warga negara dapat melihat bahwa mereka adalah bagian dari suatu kesatuan yang lebih besar, yaitu negara.

Kedua, menjaga kesatuan dan persatuan yang ada juga penting untuk menjaga keutuhan NKRI. Kesatuan dan persatuan adalah kunci untuk menciptakan solidaritas di antara warga negara. Solidaritas diperlukan untuk memastikan bahwa rakyat dapat bekerja sama demi mencapai tujuan bersama. Ini juga penting untuk memastikan bahwa semua rakyat dapat menikmati keuntungan yang sama dari kemajuan dan kesejahteraan yang dicapai.

Ketiga, menghargai dan menghormati perbedaan sesama warga negara juga penting untuk memastikan bahwa ada rasa saling percaya dan rasa hormat antarwarga negara. Jika ada rasa saling percaya dan rasa hormat antarwarga negara, maka warga negara akan lebih mudah bekerja sama dan bekerja keras demi mencapai tujuan bersama. Dengan begitu, warga negara dapat menikmati keuntungan yang sama dari kemajuan dan kesejahteraan yang dicapai.

Keempat, menjaga kesatuan dan persatuan juga penting untuk memastikan bahwa setiap warga negara memiliki kesempatan yang sama. Dengan begitu, setiap warga negara dapat menikmati hak-hak yang sama tanpa diskriminasi. Dengan demikian, setiap warga negara dapat merasakan rasa keadilan dan ketidakadilan.

Kelima, menghargai dan menghormati perbedaan sesama warga negara juga penting untuk memastikan bahwa setiap warga negara dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya. Dengan begitu, setiap warga negara akan dapat menggunakan potensi tersebut untuk mencapai tujuan bersama.

Keenam, menjaga kesatuan dan persatuan juga penting untuk memastikan bahwa setiap warga negara memiliki kemampuan untuk bekerja sama dan bekerjasama demi mencapai tujuan bersama. Dengan begitu, setiap warga negara dapat merasakan manfaat dari kemajuan dan kesejahteraan yang dicapai bersama.

Kesimpulannya, menghormati dan menghargai perbedaan sesama warga negara, serta menjaga kesatuan dan persatuan yang ada, adalah kunci untuk memastikan keutuhan NKRI. Dengan begitu, setiap warga negara dapat merasakan keadilan dan hak-hak yang sama, serta dapat menikmati manfaat yang sama dari kemajuan dan kesejahteraan yang dicapai bersama.

7. Keutuhan NKRI harus dipertahankan dengan cara menjadi teladan bagi generasi muda untuk menghormati dan menjaga keutuhan NKRI.

Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah negara yang menggabungkan berbagai macam budaya, ras, dan etnis. Keutuhan NKRI harus dipertahankan karena menghargai dan menjaga keutuhan NKRI adalah salah satu cara terbaik untuk menjamin perdamaian, keadilan, dan kesejahteraan bagi semua warga negara.

Keutuhan NKRI harus dipertahankan dengan cara menjadi teladan bagi generasi muda untuk menghormati dan menjaga keutuhan NKRI. Generasi muda adalah masa depan bangsa. Mereka akan membentuk masa depan bangsa yang akan datang. Oleh karena itu, penting untuk memberikan contoh yang baik bagi generasi muda, agar mereka dapat memahami dan menghormati keutuhan NKRI.

Generasi muda harus dididik agar menghargai dan menjaga keutuhan NKRI dengan cara menunjukkan rasa hormat dan toleransi terhadap budaya, ras, dan etnis yang berbeda. Mereka juga harus diarahkan untuk menghormati hak asasi manusia dan menghargai perbedaan. Dengan demikian, mereka akan memiliki lebih banyak wawasan tentang pentingnya keutuhan NKRI dan berbagai nilai-nilai yang harus dihormati.

Generasi muda juga harus dididik untuk menghormati batas-batas yang ditetapkan, seperti UUD 1945, yang merupakan dasar negara bagi NKRI. Mereka juga harus menghargai undang-undang dan regulasi yang diterapkan oleh pemerintah, yang menjamin kesetaraan dan keadilan bagi semua warga negara. Dengan demikian, generasi muda akan memahami dan menghormati perbedaan yang ada di antara warga negara, sehingga dapat membantu menjaga keutuhan NKRI.

Generasi muda juga harus dilatih untuk bertindak sebagai pembela keutuhan NKRI. Mereka harus dipersiapkan untuk mengambil tindakan ketika ada orang yang menghina atau mengancam keutuhan NKRI. Mereka harus memahami bahwa keutuhan NKRI adalah sangat penting bagi negara dan bangsa, dan bahwa jika mereka ingin memiliki masa depan yang lebih baik, mereka harus menjaga dan menghargai keutuhan NKRI.

Dengan menjadi teladan bagi generasi muda, orang dewasa dapat membantu menjaga keutuhan NKRI. Mereka dapat menunjukkan contoh yang baik bagi generasi muda tentang pentingnya menghargai dan menjaga keutuhan NKRI. Mereka juga dapat mengajarkan nilai-nilai yang harus dihormati, seperti menghargai hak asasi manusia, menghargai perbedaan, dan menghormati batas-batas yang ditetapkan.

Keutuhan NKRI harus dipertahankan dengan cara menjadi teladan bagi generasi muda untuk menghormati dan menjaga keutuhan NKRI. Dengan membantu generasi muda memahami pentingnya menghargai dan menjaga keutuhan NKRI, orang dewasa dapat membantu menjamin masa depan yang lebih baik bagi semua warga negara. Dengan menghargai dan menjaga keutuhan NKRI, kita dapat menjamin perdamaian, keadilan, dan kesejahteraan bagi semua warga negara.