Sebutkan Macam Macam Najis Dan Jelaskan

sebutkan macam macam najis dan jelaskan –

Najis adalah kotoran yang haram untuk dilihat, disentuh, ataupun dihadapi. Dikategorikan sebagai najis berdasarkan syariat Islam, yaitu segala sesuatu yang dianggap tidak bersih dan haram. Ada banyak jenis najis yang harus dijauhi dan tidak boleh disentuh. Berikut ini adalah beberapa jenisnya yang paling umum.

1. Najis hewan
Kotoran hewan seperti darah, daging, tulang, bulu, dan kotoran lainnya termasuk dalam kategori ini. Semuanya dianggap najis karena hewan itu sendiri dianggap kotor. Selain itu, hewan yang sudah mati juga dianggap najis.

2. Najis manusia
Kotoran manusia seperti feses, cairan ludah, darah, keringat, dan lainnya juga termasuk dalam kategori ini. Semuanya dianggap najis karena mereka mengandung bakteri atau virus.

3. Najis binatang buas
Kotoran binatang buas seperti ular, tikus, dan lainnya juga termasuk dalam kategori ini. Semuanya dianggap najis karena mereka biasanya mengandung bakteri atau virus.

4. Najis barang
Barang-barang yang terkena najis seperti pakaian yang terkena darah, kain yang terkena najis, dan lainnya juga termasuk dalam kategori ini. Hal ini dikarenakan barang-barang tersebut telah terkena najis.

5. Najis minyak
Minyak yang beracun seperti minyak jelantah, minyak tanah, dan lainnya juga termasuk dalam kategori ini. Minyak ini dianggap najis karena dapat menimbulkan bau tidak sedap.

6. Najis khamar
Khamar adalah minuman keras yang diharamkan oleh agama Islam. Khamar dianggap najis karena kandungan alkoholnya yang merusak.

7. Najis tumbuhan
Beberapa tumbuhan seperti rumput, daun, akar, dan lainnya juga dianggap najis. Hal ini karena tumbuhan tersebut telah terkena najis.

Dengan demikian, itulah tujuh jenis najis yang paling umum. Semua jenis najis di atas harus dihindari dan tidak boleh disentuh. Hal ini untuk menjaga agar kita tetap bersih dan terhindar dari berbagai macam penyakit yang dapat disebabkan oleh najis. Dengan begitu, kita dapat melaksanakan ibadah kita dengan bersih dan suci.

Penjelasan Lengkap: sebutkan macam macam najis dan jelaskan