jelaskan fungsi manajemen menurut gr terry –
Manajemen dapat diartikan sebagai proses penyusunan, perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan sumber daya manusia untuk mencapai tujuan tertentu. Menurut G.R Terry, Manajemen adalah sebuah proses yang mengatur aktivitas-aktivitas dalam organisasi sehingga tujuan yang telah ditetapkan dapat dicapai. Dengan kata lain, manajemen adalah proses yang menghubungkan tujuan-tujuan dengan sumber daya yang tersedia untuk mencapainya.
Manajemen bertanggung jawab untuk memastikan bahwa organisasi menggunakan sumber daya secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan. Beberapa fungsi manajemen menurut G.R Terry meliputi:
1. Perencanaan adalah proses menentukan tujuan jangka panjang dan jangka pendek dan menetapkan strategi yang tepat untuk mencapai tujuan ini. Perencanaan juga menentukan alokasi sumber daya dan menentukan tindakan yang diperlukan untuk mencapai tujuan.
2. Pengorganisasian adalah proses pengaturan struktur organisasi, antara lain menentukan tugas dan tanggung jawab individu.
3. Pengarahan adalah proses untuk menstimulasi dan mengarahkan orang lain agar mereka melakukan tugas yang diberikan dengan baik.
4. Pengawasan adalah proses untuk memastikan bahwa tugas-tugas yang diberikan telah dilakukan secara tepat dan tepat waktu.
Manajemen memiliki peran yang sangat penting dalam memastikan bahwa organisasi dapat beroperasi secara efisien dan efektif. Dengan melakukan fungsi-fungsi manajemen, pemimpin dapat memastikan bahwa tujuan organisasi dapat dicapai. Oleh karena itu, manajemen merupakan bagian penting dari keberhasilan organisasi.